Laman

Jumat, 30 Oktober 2009

Pembelajaran Sebaya

PEMBELAJARAN SEBAYA
A. Pengantar
Praktik pembelajaran suatu cara yang efektif untuk melatih ketrampilan-ketrampilan dalam mengajar. Dengan praktik pembelajaran akan diketahui kelemahan-kelemahan dalam mengajar atau dapat juga dipakai untuk mengukur apakah pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana pembelajaran. Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dalam mengajar atau mengukur apakah pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana pembelajaran diperlukan pengamat dan lembar pengamatan yang baik.

B. Tujuan
Peserta terampil:
1.      melaksanakan pembelajaran sebaya sesuai dengan rencana yang telah disusun.
2.      menerapkan prinsip dan struktur pembelajaran matematika yang menjadi ciri khas MEQIP.
3.      menggunakan format pengamatan pembelajaran matematika.

C. Alat  dan Bahan :  
Alat Peraga, Buku Penggunaan Alat Peraga Matematika, Format Pengamatan Pembelajaran, bahan/alat yang diperlukan untuk mengajar

D. Langkah-langkah Pelatihan
1.   Pembagian tugas pembelajaran sebaya
§        Dalam setiap presentasi, 1 peserta bertindak sebagai pengamat, pengamat menggunakan format pengamatan untuk melakukan pengamatan.
§      Pembelajaran sebaya dilakukan selam 2 dua hari, masing-masing peserta mendapat kesempatan 2 kali.

2.   Evaluasi pembelajaran sebaya:

§         Setiap akhir pembelajaran sebaya diadakan evaluasi.

Pada akhir pembelajaran sebaya hari pertama, pelatih (selama kira-kira 15 menit) memberikan penjelasan tentang kelemahan-kelemahan pembelajaran sebaya yang dilakukan hari pertama, untuk memperbaiki pembelajaran sebaya hari kedua.
Berdasarkan evaluasi pembelajaran sebaya hari pertama, peserta menyusun atau memperbaiki rencana pembelajaran yang akan ditampilkan pada pembelajaran sebaya berikutnya.

E. Lampiran
Rambu-rambu Evaluasi Pembelajaran
1.        Prinsip dasar evaluasi pembelajaran: konstruktif dan kritis.
2.        Penyaji menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.    Penyaji memberikan komentar tentang pembelajarannya (aspek negatif, positif,
       masalah yang dihadapi, penyimpangan dari rencana pelajaran, kira-       kira selama 5
       menit).
4       Pengamat mengidentifikasi aspek positif tentang keterampilan yang cocok (bersifat kritis dan jangan memuji yang tidak berarti).
5.        Peserta menyampaikan kritik/aspek negatif.
6.        Menganalisis presentasi peserta menggunakan format pengamatan pembelajaran, tetapi  tidak perlu dilakukan secara mendalam karena akan memakan waktu yang lama. Jika perlu konsultan dapat memberikan opini dan catatan tentang aspek-aspek lain.
7.    Salah satu kriteria yang penting dan tidak boleh diabaikan: Apakah pembelajaran dilaksanakan sesuai saran dalam pelatihan? Bila tidak, mengapa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar