Laman

Kamis, 30 Juni 2011

PROPOSAL KKG

Proposal KKG Gugus III Manggis Kec. Satui Kab.Tanah Bumbu

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
UURI No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 44 ayat (1) mengamanatkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan perlu secara terns menerus dalam upaya pencapaian standar nasional pendidikan. Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan merupakan salah satu program pembangunan nasional dan rencana strategis pendidikan. Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan erat kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia. Peningkatan Mutu Pendidikan tidak terlepas dari upaya semua komponen meliputi kepala sekolah, guru, Pengawas sekolah, Pegawai sekolah, orang tua siswa/Komite Sekolah, siswa, dan pemerintah.
Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mempersyaratkan guru untuk: (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4;, (ii); memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (iii) memiliki sertifikat pendidik. Dengan berlakunya Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui  pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG), Dengan demikian KKG  memiliki peran penting dalam mendukung pemberdayaan dan pengembangan profesional guru.
 Guru memegang peranan dan memiliki kedudukan yang strategis dalam menjamin mutu pendidikan. Guru salah satu faktor dominan dalam membelajarkan peserta didik di sekolah. Peningkatan mutu pendidikan Guru khususnya di SD/MI merupakan pemikiran pokok serius dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. SD / MI adalah satuan pendidikan formal yang pertama yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap dan kemampuan , serta diamandemenkan oleh UUD 1945, untuk itu kompetensi guru perlu dikembangkan secara terprogram , selanjutnya melalui suatu system pembinaan yang dapat meningkatkan kualitas professional guru.
System pembinaan professional yang diharapkan ialah suatu pola pembinaan yang mampu meningkatkan dan mendorong guru untuk belajar dan senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan keterampilan , kemamuan sikap sehingga memberi dampak positif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Salah satunya Kelompok Kerja Guru ( KKG ). adalah merupakan wadah pembinaan Guru oleh tenaga pendidik yang lainnya misalnya pengawas, kepala sekolah dan Guru senior lainnya. Disamping itu Kepala Sekolah dan pengawas harus memiliki wawasan yang luas, pengetahuan dan keterampilan dalam membina dan pengelolaan menajemen sekolah dengan baik agar terciptalah sekolah yang kompetitif , nyaman dan damai, sehingga semua warga sekolah termotivasi untuk saling memiliki , percaya diri dan bertindak sesuai dengan tanggung jawab yang telah dipikulnya.
Dalam rangka pembinaan terhadap gugus di tingkat sekolah dasar Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan melalui LPMP berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, salah satu diantara adalah merevitalisasi Kelompok Kegiatan Guru (KKG), ) melalui pemberian dana langsung (Block Grant) oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).  
Melihat permasalahan di atas KKG  Gugus III Manggis Kec.Satui bekerjasama dengan Pengawas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu beserta instansi terkait lainnya memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan mutu  pendidikan pada tahun 2011/ 2012 diantaranya pelaksanaan aktivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) melalui pemberian dana langsung (Block Grant) oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Kegiatan yang akan di laksanakan adalah menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pengembangan dokumen I dan II, Pengembangan bahan ajar, penggunaan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam PBM yang PAIKEM.
Pada kegiatan tersebut kami masih menggunakan narasumber yang ada, yaitu pengawas dan sesama guru/guru senior yang dipandang lebih mampu. Karena itu, bila kami mendapatkan dana block grant  pada tahun 2011, kami akan memanfaatkan secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja KKG kami.
Dengan harapan agar kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan pada KKG   Kec.Satui dan seluruh Sekolah Dasar / M I yang ada di KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui khususnya dan Seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu umumnya.
Keberadaan KKG gugus III Manggis sebagai wadah atau forum profesional guru di gugus sekolah, kecamatan Satui memegang peranan penting dan strategis untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga guru lebih profesional. Melalui KKG gugus III Manggis diharapkan permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas dapat terpecahkan sehingga proses pembelajaran lebih efektif, dan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya di kecamatan Satui .
  1. Gambaran jumlah SD/ MI yang ada di Kecamatan Satui.                        
           Jumlah SD/MI negeri dan swasta berjumlah 33 buah, tersebar didaerah
           kota kecamatan dan daerah pinggiran atau pelosok desa kecamatan 
           satui.terbagi atas 5 gugus, yang masing masing gugus ada 6 SD/MI dan  8
           SD/MI. Gugus III Manggis ada 7 SD/MI yang terdiri dari SD Negeri 5
           Sungai Danau, SD Negeri 2 Sungai Danau, SD Negeri Jombang,SDS 4
           Sekapuk , SDS Muhammadyah ,MIS At-Taqwa, dan MIS Miftahussalam .
  1. Permasalahan Pendidikan yang dihadapi.
    Masalah utama yang dihadapi, antara lain adalah:                                                                
  1. Banyak guru dari SD/MI Swasta  berstatus sebagai guru honorer , yang      mana perlu pembinaan dari KKG gugus III Manggis supaya dapat meningkatkan kwalitas dari guru tersebut.
  2. Dana pendukung operasional KKG, kurang proporsional.
  3. Sumber dana kegiatan KKG belum ada selain mengandalkan iuran Sekolah anggota KKG gugus III Manggis.
Menyikapi hal-hal tersebut di atas guru harus meningkatkan kompetensi dan kinerja guru melalui Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus III Manggis kecamatan Satui diharapkan dapat mengatasi masalah- masalah pendidikan dan dipandang sangat strategis untuk meningkatkan mutu guru yang profesional.
  1. Komitmen Kelompok Kerja terhadap Peningkatan Mutu Guru.
    Prinsip kerja KKG gugus
    III Manggis yaitu KKG merupakan lembaga yang mandiri, tidak mempunyai struktur organisasi yang hirarkis, birokratik dan saling ketergantungan, tetapi merupakan wadah berkumpulnya guru kelas. Program kerjanya secara disusun dan dirancang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru/sekolah, mempunyai visi dan misi yang strategis, serta inovatif terhadap upaya pengembangan mutu pendidikan. Komitmen terhadap mutu adalah meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas dan meningkatkan mutu pendidikan, komitmen terhadap metode pembelajaran yang efektif meningkatkan kemampuan belajar siswa dan meningkatkan hasil ujian akhir siswa, dan komitmen terhadap adanya sistem yang mendukung pengembangan profesional.Dengan adanya KKG gugus III Manggis yang berfungsi sebagai sarana meningkatkan profesionalisme maupun kompetensi para guru akan berpengaruh positif  bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai agen pembelajaran di kelasnya. Hal ini dapat berjalan dengan efektif dan lancar bila sarana dan prasarana memadai, mendapat dukungan dari pihak – pihak yang terkait dalam hal ini Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pengawas Sekolah, LPMP sebagai wadah penjamin mutu pendidikan di Kalimantan Selatan  dan jajaran pendidikan lainnya, masyarakat yang peduli dengan dunia pendidikan serta pendanaan yang cukup.
  2. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut tentu saja tidak lepas dari pendanaan. Sumber dana kegiatan selama ini berasal dari iuran sekolah dari anggota gugus III Manggis kecamatan Satui.Karena swadana  KKG gugus III Manggis kurang proporsional,KKG gugus III Manggis sangat mengharapkan bantuan dari lembaga atau instansi yang berwenang dan peduli terhadap dunia pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di kecamatan Satui.
  3. Program Peningkatan Mutu Pendidikan yang telah dilaksanakan.
    Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesional selama tahun terakhir 2010 antara lain : Pembuatan KTSP yang meliputi Kalender Pendidikan,Telaah Kompetensi Dasar (TKD),Penyusunan Silabus dan RPP, Program tahunan dan program semester, Pembuatan KKM , kisi-kisi soal dan soal UTS semester ganjil dan semester genap, kisi-kisi Soal ujian semester ganjil dan genap dan kisi-kisi soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) .

B.Tujuan
 
Dari uraian di atas maka dapat diketahui tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan KKG gugus III Manggis ini, antara lain :
a. Tujuan Umum
  1. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak peningkatan kompetensi, kualifikasi, dan kinerja guru di kecamatan Satui.
  2. Memfasilitasi suatu model belajar bagi guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya secara kolaboratif melalui kajian pembelajaran yang komprehensif dan berkelanjutan menuju terciptanya komunitas belajar.
  3. Memberi kesempatan kepada guru-guru untuk terlibat dalam proses pengembangan profesional secara berkelanjutan melalui kegiatan KKG dengan  peningkatan mutu dan professional
  4. Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas  pembelajaran.
b. Tujuan Khusus
           Memperluas wawasan dan pengetahuan guru khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran dalam  hal :

  1. Meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun:
a.       Rencana pembelajaran (RPP)
b.      Silabus
c.       Evaluasi belajar ( UTS , UAS )
d.      Kriteria Ketuntasan Minimal( KKM).
2.      Meningkatnya kemampuan penyusunan   bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana / prasarana ( alat peraga) belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
  1. Memberi kesempatan kepada  anggota kelompok kerja guru (KKG) gugus III Manggis untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan / model  pembelajaran .
  3. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  4. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG.
  5. Meningkatnya prestasi siswa dalam setiap UASBN.

C.     Sasaran
Sasaran diadakan kegiatan  KKG Gugus III Manggis adalah semua guru-kelas  yang aktif mengajar baik di SD Negeri/ Swasta maupun MI di Kecamatan Satui yang jumlahnya 85 orang, yaitu sebagai berikut :
No
Nama Sekolah
Jumlah

Keterangan
1

2

3

4

5

6

7
SD Negeri 5 Sungai Danau

SD Negeri 2 Sungai Danau

SD Negeri Jombang

SD Swasta 4 Sekapuk

SD Muhammadyah

MI Attaqwa

MI Miftahussalam
20 orang

14 orang

6 orang

7 orang

3 orang

3 orang

5 orang



Jumlah

58

D.    Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Program pemberian dana Block Grant pada KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui adalah tercapainya implementasi dari Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang SI ( Standar Isi ), Permendiknas No. 23/2006 tentang SKL ( Standar kelulusan), Permendiknas No. 20/2007 tentang Standar Penilaian dan Permendiknas No. 16/2007 tentang standar kualifikasi Akademik dan  Kompetensi Guru.   
Kompetensi Guru dalam pengembangan Permendiknas  tersebut  diatas yaitu:
1)      Meningkatnya kompetensi guru  dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi program kegiatan belajar mengajar.
2)      Meningkatnya kemampuan dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan  
           Pendidikan (KTSP) dokumen I dan II.
3)      Terjadinya pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan secara proporsional melalui peningkatan kompetensi profesional guru.
4)      Meningkatnya wawasan guru mengenai pengembangan kurikulum dan memecahkan masalah pembelajaran dengan sharing pengalaman antar guru
5)      Meningkatkan wawasan metodologi mengajar dalam rangka implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) .
6)      Meningkatnya wawasan dan pengetahuan guru dalam pembelajaran khususnya kajian pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan).
7)      Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) semua mata pelajaran
8)      Terbantunya pengembangan profesi guru dalam rangka proses sertifikasi guru.
E.    Manfaat
Melalui Kelompok Kerja Guru kelas memberikan mamfaat kepada berbagai pihak antara lain untuk :
1.       Siswa : terciptanya pembelajaran yang PAIKEM, Memberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran lebih bermakna dan bermutu.
2.       Guru : memiliki perangkat pembelajaran yg paikem, dapat kesempatan bagi untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional (BSNP).
3.       Kelompok kerja Guru (KKG) : Dapat memberdayakan guru di sekolah sebagai fasilitator
4.       Sekolah : tersedianya perangkat pembelajaran (Dokumen satu dan dua) yang lengkap dan sistematis. memiliki guru yang berkompeten dan mampu meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
5.       PEMDA : memiliki guru yang profesional sesuai dengan sertifikasi sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan
6.       Negara : memiliki SDM yang handal dan tepat guna.





BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Dalam pelaksanaan kegiatan KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui telah dicapai beberapa perkembangan yang memadai dalam hal peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar baik yang mengajar di SD maupun MI antara lain telah memahami esensi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terwujudnya guru Sekolah Dasar yang memiliki pengetahuan dan sikap serta keterampilan secara akumulatif mengarah pada penguasaan secara komprehensif dengan kemampuan yang memadai dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai guru  Sekolah Dasar  khususnya dalam hal  proses pembelajaran secara efektif, efisien dan inovatif.
Gambaran kompetensi tersebut terurai secara rinci dan sistematis pada kegiatan yang telah diprogramkan dengan beberapa hasil unjuk kerja sebagai berikut:
1)         Pembuatan kalender Pendidikan.
2)         Pembuatan Draf KTSP.
3)         Pembuatan telaah kompetensi dasar (TKD) / SKKD
4)         Pembuatan Silabus.
5)         Pembuatan RPP.
6)         Penyusunan Program Tahunan
7)         Pembuatan KKM.
8)         Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian tengah semester ganjil.
9)         Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian semester ganjil.
10)       Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian tengah semester genap.
11)       Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian semester genap.
12)       Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian akhir sekolah (UAS).
13)        Sosialisasi Kebijakan Depdiknas

B.     Strategi dan metode pelaksanaan.
Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja KKG Gugus III Manggis kecamatan Satui di kabupaten Tanah Bumbu berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggota sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi.
Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk pertemuan berkala yang dilakukan setiap hari Sabtu dengan dukungan dana swadana dari peserta (dari pihak sekolah)  dan tambahan yang diterima dari Dana Block Grant. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui memberdayakan  nara sumber dari  setempat, mengingat dana sangat terbatas.

C.  Sistem Dokumentasi kegiatan, pelaporan.
a)      Laporan Pelaksanaan Kegiatan..
Laporan. Pelaksanaan  Kegiatan  yang  berisi  Pendahuluan,  Deskripsi Program  Kegiatan,  Hasil  Pelaksanaan  Kegiatan, Penutup dan Lampiran ( Struktur Program,  Daftar Hadir Kegiatan, Contoh Hasil / Produk Kegiatan KKG, Dokumentasi/FotoKegiatan).
b)      Laporan Keuangan (terlampir).
c)      Laporan  Daftar Hadir Peserta (terlampir).

D.    Kualitas Program
Program kegiatan yang dilaksakan sesuai dengan tuntutan  kompetensi guru yaitu konsen dengan peningkatan kompetensi guru terutama terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran  dan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui kegiatan kolektif guru di KKG Gugus III Manggis kecamatan Satui kabupaten Tanah Bumbu.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas yang cukup tinggi, hal ini nampak dari realitas kehadiran anggota dalam kegiatan KKG,kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan factor-faktor antara lain keinginan anggota untuk memiliki pengetahuan dan kompetensi guru yang lebih baik . Untuk itu implementasi hasil-hasil kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.
Dari hasil identifikasi/ temuan di lapangan serta telah dianalisa menurut skala prioritas untuk segera diusahakan pemecahan masalah antara lain :
1)      Pembuatan kalender Pendidikan..
2)      Pembuatan Silabus.
3)      Pembuatan RPP.
4)      Penyusunan Program Tahunan
5)      Pembuatan KKM.
6)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian tengah semester ganjil.
7)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian semester ganjil.
8)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian tengah semester genap.
9)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian semester genap.
10)  Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian akhir sekolah (UAS).
11)  Pendidikan dan pelatihan ( Diklat) Pembelajaran Tematik
Rincian Kegiatan dan Indikator  ,
1)      Pembuatan RPP.1  semester ganjil TP. 2010/2011.
            Tujuan : Peserta mendapatkan informasi tentang cara membuat RPP
            sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
            Kegiatan : Pembuatan RPP .
            Pelaksanaan : 1 Mei 2010.
            Indikator: Peserta dapat membuat RPP sesuai KTSP.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )

2)      Penyusunan Program Tahunan dan Semester TP. 2010/2011.                                                                                                                                           
            Tujuan : Peserta mendapatkan informasi tentang cara pembuatan Program
            Tahunan dan Semester sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
            (KTSP).
            Kegiatan : Pembuatan Program Tahunan dan Semester  2010/2011.
            Pelaksanaan : 15 Mei 2010.
            Indikator: Peserta dapat membuat Program Tahunan dan Semester sesuai
            KTSP.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )

3)      Pembuatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) TP. 2010/2011.                                                                                                                                            
Tujuan : Peserta mendapatkan informasi tentang cara pembuatan KKM  sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kegiatan : Pembuatan KKM .
Pelaksanaan : 5 Juni 2010.
Indikator: Peserta dapat membuat KKM sesuai KTSP.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )
4)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal  UTS  semester ganjil TP. 2010/2011.                                                                                                                                                                                                                    Tujuan : Peserta dapat menyusun , membuat kisi-kisi soal dan soal UTS.
Kegiatan : Peserta di bagi berdasarkan kelas mengajar  untuk membuat kisi-kisi soal dan soal UTS semester ganjil.
Pelaksanaan : 7 Agustus 2010
Indicator : Peserta dapat membuat kisi-kisi soal dan soal UTS berdasarkan tingkatan  kelas masing-masing peserta.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )
5)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal semester ganjil  TP. 2010/2011.                                                                                                                                                                                                              
Tujuan : Peserta dapat menyusun , membuat kisi-kisi soal dan soal semester ganjil.
Kegiatan : Peserta di bagi berdasarkan kelas mengajar  untuk membuat kisi-kisi soal semester ganjil.
Pelaksanaan : 30 Oktober  2010.
Indikator : Peserta dapat membuat kisi-kisi soal dan soal berdasarkan tingkatan  kelas masing-masing peserta.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )
6)      Pelatihan dan Pendidikan Pembelajaran Tematik
Tujuan : Peserta dapat membuat program Tematik dan mempraktekkannya
Pelaksanaan: 1 s/3 Desember 2010.
Nara Sumber :  Drs. Subroto,M.ED  ( LPMP Kalimantan Selatan).
7)       Musyawarah pemilihan  pengurus periode masa bakti  201 - 2013
            Tujuan :  Anggota KKG memilih pengurus baru periode 2011 - 2013.
            Pelaksanaan : 22  Januari 2011
            Indikator: Peserta dapat memilih Ketua yang kompeten.
Moderator : Kepala UPTD dan Pengawas  SD  kec Satui
8)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap TP. 2010/2011.                                                                                                                                                                                                                    Tujuan : Peserta dapat menyusun , membuat kisi-kisi soal dan soal.
Kegiatan : Peserta di bagi berdasarkan kelas mengajar  untuk membuat kisi-kisi soal dan soal UTS semester genap.
Pelaksanaan : 12 Pebruari 2011.
Indikator : Peserta dapat membuat kisi-kisi soal dan soal berdasarkan tingkatan  kelas masing-masing peserta.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )

9)      Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian semester genap TP. 2010/2011.                                                                                                                                                                                                                   Tujuan : Peserta dapat menyusun , membuat kisi-kisi soal dan soal ujian semester genap.
Kegiatan : peserta di bagi berdasarkan kelas mengajar  untuk membuat     
kisi-kisi soal dan soal semester genap.
Pelaksanaan : 12  Maret 2011.
Indikator : Peserta dapat membuat kisi-kisi soal dan soal berdasarkan tingkatan  kelas masing-masing peserta.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )
10)  Pembuatan kisi-kisi soal dan soal Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) kelas VI TP. 2010/2011.                                                                                                                                                                                                                   Tujuan : Peserta dapat menyusun , membuat kisi-kisi soal dan soal Ujian Akhir Sekolah ( UAS ).
Kegiatan : Peserta di bagi berdasarkan perbidang studi  untuk membuat kisi-kisi soal dan soal Ujian Akhir Sekolah TP.2010/2011.
Pelaksanaan : 9 April 2011.
Indikator : Peserta dapat membuat kisi-kisi soal dan soal UAS SD.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD )

11)  Pembuatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) TP. 2011/2012.                                                                                                                                            
Tujuan : Peserta mendapatkan informasi tentang cara pembuatan KKM  sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kegiatan : Pembuatan KKM .
Pelaksanaan : 14 Mei 2011.
Indikator: Peserta dapat membuat KKM sesuai KTSP.
Nara Sumber : Suwarno,S.Pd  (Pengawas SD ).




E.     Frekwensi Kegiatan (pertahun).

            Frekuensi Kegiatan per Tahun :
Kegiatan KKG dilaksanakan  sekali dalam sebulan setiap hari Sabtu (disesuaikan), sehingga dalam 1 tahun kegiatan yang dilaksanakan berjumlah minimal 10 kali pertemuan.

  1. Keterlibatan Peserta (90-100 Persen)
Keterlibatan Peserta/ Kelompok Kerja Guru (KKG ) Gugus III Manggis :
Peserta yang terlibat dalam kegiatan KKG gugus III Manggis  guru-guru yang ada di SDN 5 Sungai danau ( inti) SDN 2 Sungai Danau, SDS 4 Sekapuk, SDN  Jombang, SD Muhammadyah , MIS At-Taqwa, dan MIS Miftahussalam. Tingkat keterlibatan peserta kelompok kerja kurang lebih  90%, dikarenakan terkadang ada guru yang berhalangan untuk mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh KKG.

G.    Gambaran Alasan Pelaksanaan Program

Sehubungan dengan adanya aspek yang perlu diketahui tentang peran keberadaan KKG terhadap upaya peningkatan profesional guru Sekolah Dasar, maka diperlukan indikator/ variable permasalahan yang teridentifikasi di lapangan antaralain:
a. Guru masih enggan mengembangkan basik ijasah pendidikan dalam rangka  
    memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pendidikan.
b. Guru masih kurang memahami KTSP yang disyaratkan pada satuan pendidikan
     masing-masing.
c. Guru kurang kreatif, inovatif, dalam memberikan bantuan layanan pada siswa.
d. Masih rendahnya daya serap/pencapain target kurikulum.
e. Guru kurang optimal dalam penggunaan media ( sarana dan prasarana ) dalam
    pembelajaran.
f. Guru masih kurang dalam mengembangkan wawasan Ilmu Pendidikan secara
    jelas.
Sungguh telah banyak hasil yang dicapai selama KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui  melakukan kegiatan sebagaimana kami uraikan di atas namun dibalik hasil yang telah dicapai masih banyak pula harapan-harapan yang belum terlaksana dengan memuaskan, karena itulah kami ingin pada tahun 2011/ 2012 ini akan mengembangkan keberadaan KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui untuk meningkatkan kegiatan pada tahun 2011/2012  ini. Adapun hasil yang sudah dicapai pada kegiatan yang lalu antara lain sebagai berikut :
1.       Pembuatan Draf KTSP Sekolah Dasar/ MI yang dihasilkan dari kerja  kelompok peserta KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui .
2.       Menghasilkan silabus dan RPP KTSP
3.       Menghasilkan alat evaluasi berupa UTS dan UAS
4.       Tersosialisanya Kebijakan Depdiknas kepada peserta
5.       Menyelenggrakan Diklat pembelajaran Tematik ,  Nara sumber dari LPMP Banjar Baru Kalimantan Selatan.
Namun ada beberapa hal yang belum sempat terlaksana antara lain
pengembangan bahan ajar,  pembuatan LKS, dan lain-lain.

       H. Tempat Pelaksanaan

            Tempat pelaksanaan KKG Gugus III Manggis di pusatkan pada SD inti yaitu  SD Negeri 5 Sungai Danau . Sekretariat KKG Gugus III Manggis.
Alamat : SDN 5 Sungai Danau ,
Jl. Propinsi km 166  Sungai Danau  kecamatan Satui 72175, Tanah Bumbu. Kalimantan Selatan
HP : 081 349 431532  (a.n. Mardiani, S.Pd . Ketua KKG).
HP : 081 349 534028 ( a.n. Dody Wahyudi,S.Pd. Sekretaris).
HP : 085 251 099440 (a.n. Hasmah,A.Ma. Bendahara).



BAB III
RENCANA  PELAKSANAAN  PROGRAM

A.          Penyusunan Perencanaan Kegiatan kelompok Kerja

  Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja guru KKG Gugus III Manggis  kecamatan Satui kabupaten Tanah Bumbu menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan peningkatan profesional guru yang berkelanjutan juga peningkatan kualitas pembelajaran  di sekolah masing masing.
Adapun jenis program, tujuan dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Kelas   KKG Gugus III Manggis dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel I
Rencana Program, Tujuan dan Kegiatan  Kelompok
Kerja Guru Kelas KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui
Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2011/2012
No
Jenis Program
Tujuan / Indikator

Kegiatan
Nara Sumber
1
2
3
4
5
1.












2.











3.








4





5
Pengembangan Kurikulum/Silabus













Pengembangan perangkat pembe- lajaran ( RPP)










Pengembangan  penilaian Evaluasi
Tengah Semester
( UTS ).






Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)





Pengembangan perangkat pembe- lajaran
Guru :
Mampu mendiskripsi kan tujuan/kompetensi pembelajaran.










    Guru : Mampu menentukan sumber belajar / media / alat peraga pembelajaran
-    Mengorganisir melalui suatu rancangan dan mam pu memperdayakan sumber belajar yg ada disekolah maupun lingkungan nya.
   
Guru : Untuk memperoleh & mengefektifkan informasi-informasi tentang hasil belajar siswa selama dan setelah kegiatan belajar mengajar ber langsung.

Guru : Mampu menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)




Guru :
-  -Mampu menentukan sumber belajar / media / alat peraga pembelajaran
-  -Mengorganisir melalui suatu rancangan dan mam pu memperdayakan sumber belajar yg ada disekolah maupun lingkungan nya.
-  -Mampu mengguna kan alat peraga.

-   Penulisan indentitas mata pelajaran.
-   Perumusan standar kompetensi.
-   Penentuan kompetensi Dasar.
-   Penentuan materi pokok dan uraiannya.
-   Penentuan pengalaman
     belajar.
-   Penentuan alokasi waktu.
-   Penentuan sumber bahan ajar.

- Penyusunan rancangan  
  /skenario pembelaja ran.
- Menganalisa kebutu han
   bahan/sarana  
  pembelajaran/pengembang
   bahan ajar.




-   


-Penyusunan dan pembuatan kisi-kisi soal  dan soal evaluasi tengah semester ( UTS) .






Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
perstandar Kompetensi Dasar (KD) dengan ketentuan-keten tuan yang diterapkan BSNP.

- Penyusunan rancangan /
  skenario pembelaja ran.
- Menganalisa kebutuhan
 bahan/sarana pembelajaran /pengembang bahan ajar.
-   -Membuat alat peraga/  
      media sederhana.
-    Pembuatan Lembaran
      Kerja Siswa (LKS)

Pengawas TK/SD
Suwarno,S.Pd












 Pengawas TK/SD
Suwarno,S.Pd











 1.Pengawas TK/SD
    Suwarno,S.Pd
 2.PBS
     PKn
     Bhs Indonesia
     Matematika
     IPA
     IPS


 Pengwas TK/SD
 Suwarno,S.Pd






 Pengawas TK/SD
 PBS















No
Jenis Program
Tujuan / Indikator

Kegiatan
Nara Sumber
1
2
3
4
5

6.










7.











8.








Pengembangan  penilaian Evaluasi
Akhir Semester
( UAS ).









Kajian materi Matematika







Kajian materi/pe nguasaan bahan kajian akademik.

Guru : Untuk memperoleh & mengefektifkan informasi-informasi tentang hasil belajar siswa selama dan setelah kegiatan belajar mengajar ber langsung.




Guru :
-Menentukan 
metode/  strategi pembelajaran  Meqip
- - Mengorganisir materi
--- Menggunakan alat peraga  Meqip.
    -Memberikan umpan balik.
     -Menggunakan waktu yang efektif.
-Melaksanakan evaluasi. 


Guru :
-      Pemahaman wawa san pendidikan.
-      Penguasaan bahan kajian akademik.

Guru :
-Pengembangan kemampuan prosesi guru 
-  -Memahami hubungan pendidikan dan pen ngajaran.

Guru :
-Mengidentifikasi pe mahaman umum pen didikan dalam hal proses dan hasil pendidikan. 



-  Penyusunan dan pembuatan kisi-kisi soal  dan soal Evaluasi Akhir Semester ( UAS) .
-  -Menentukan soal berdasarkan tingkat kesu karan.
-  -Menentukan soal berdasarkan tingkat pem- beda.
-  -Memperbaiki soal tidak valid.

-  - Menyusun model
      pembelajaran Meqip.
-   -Praktek pembelajaran
      aktif.
-   -Struktur peragaan
      matematika.
-   -Menyusun metode    
      pembelajaran aktif.
-    Praktek pembelajaran
      Meqip.
-    Struktur peragaan
      matematika.


-  Memahami struktur pe ngetahuan. Menguasai substansi kekuasaan se suai dengan jenis pela yanan yang dibutuhkan siswa.

 1.Pengawas TK/SD
    Suwarno,S.Pd
 2.PBS
     PKn
     Bhs Indonesia
     Matematika
     IPA
     IPS





 PBS Matematika
 M.Amin,S.Pd













 Kepala UPTD Satui
 M.Jupri,S.Pd.MM
Batas
No
Jenis Program
Tujuan / Indikator

Kegiatan
Nara Sumber
1
2
3
4
5

9.





10









Pemahaman wawasan .





Desiminasi hasil kegiatan seminar.

Guru :
-   -Pemahaman wawa
     san pendidikan.
-   -Penguasaan bahan
      kajian akademik.


-Melihat hasil kerja
 selama pelaksanaan
 pelatihan
 Musyawarah
 Kelompok Kerja
 Guru (KKG).
 Evaluasi program
 KKG selama
 pelaksanaan
 pelatihan
 berlangsung

Mengidentifikasi pe mahaman umum pen didikan dalam hal proses dan hasil pendidikan. 


- Memprestasikan hasil
   kerja.
 
    Kepala UPTD Satui
    M.Jupri,S.Pd.MM





 Kepala UPTD Satui
 Pengawas TK/SD
 Ketua KKG


B.           Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program
KKG Gugus III Manggis  menggunakan strategi   ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi , tugas mendiri dan Brainstorming dalam melaksanakan kegiatan KKG. Proses belajar terstruktur dan mandiri di KKG Gugus III Manggis  selama , 10 X tatap muka dengan guru pemandu atau tutor daerah.
Model belajar bagi guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya secara kolaboratif melalui kajian pembelajaran yang komprehensif dan berkelanjutan menuju terciptanya komunitas belajar.

C.            Materi Kegiatan 

Materi kegiatan kelompok kerja KKG Gugus III Manggis  yang didanai oleh Block Grant   ini direncanakan sebagai berikut.




No
Jenis Kegiatan
Materi
Nara Sumber
Metode
Penyajian





Pertemuan 1
Sosialisasi Program  Pemberdayaan KKG 
Ketua KKG Gugus III
Mardiani,S.Pd
Tanya  jawab
Pembuatan Draft program Kerja
Pembuatan KKM TP.2011/2012
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 2
Pembuatan Silabus TP.2011/2012
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 3
Penyelarasan RPP Dan Silabus TP 2011/2012
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Presentasi, tanya jawab, Penugasan

Pertemuan 4
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UTS semester I
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 5
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UAS semester I
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 6
Kajian Akademik
Kepala UPTD Satui
M.Jupri,S.Pd.MM
Ceramah , Tanya jawab

Pertemuan 7
-Pemahaman wawasan
-Kebijakan Pendidikan
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Tanah Bumbu
Kepala UPTD Satui
M.Jupri,S.Pd.MM
Ceramah , Tanya jawab
Presentasi

Pertemuan 8
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UTS semester II
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 9
Kajian Materi Matematika
PBS Matematika
M.Amin,S.Pd
Pemodelan Pembelajaran, Tanya jawab, simulasi

Pertemuan 10
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UAS semester II
Suwarno,S.Pd
(Pengawas TK/SD)
Tanya jawab,unjuk kerja, tugas mendiri

Pertemuan 11
Desiminasi hasil kegiatan KKG Gugus III Manggis.
Persiapan Laporan (LPJ)
Ketua KKG
Mardiani,S.Pd

D.    Nara Sumber / Instruktur/ Guru Inti / Peserta
Diambil dari nara sumber / instruktur / guru inti sesuai dengan kepakarannya  dan memenuhi syarat- syarat di bawah ini :
a. Kepala UPTD kecamatan Satui
b. Pengawas TK/SD yang kompeten .
c. Guru Pemandu / Guru inti
d. Minimal berijasah Strata 1 atau Diploma IV berakta 
Dalam kegiatan di KKG Gugus III Manggis narasumber yang terlibat dalam kegiatan antara lain :
a. Muhammad Jupri, S.Pd.MM. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan  Satui.
b. Suwarno, S.Pd. Pengawas TK/SD  UPTD  Kec. Satui
c. Guru Pemandu bidang studi KKG Gugus III Manggis.
Peserta berasal dari 7 Sekolah di Gugus III KKG Manggis , SD Inti SD Negeri 5 Sungai Danau dan 6 SD/MI  imbas  terdiri dari guru kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Adapun daftar nama peserta KKG Gugus III Manggis  adalah sebagai berikut:
NO
NAMA / NIP

JABATAN
ASAL SEKOLAH
1
Mardiani,S.Pd
19670928 199903 2 003
Ketua
SDN 5 Sungai danau
2
 Dody Wahyudi,S.Pd
19800410 200604 1 022
Sekretaris
SDN 5 Sungai danau
3
Hasmah, A.Ma
19780717 200604 2 029
Bendahara
SDN 2 Sungai danau
4
M . Amin,A.Ma.Pd
19660821 199111 1 002
Seksi. Akademik
SDN 2 Sungai danau
5
Pahrul Raji,S.Pd
19621120 198305 1 007
PBS
PKn
SDN 2 Sungai danau
6
Wiyadi,A.Ma.Pd
19620313 198406 1 004
PBS
Bhs.Indo
SDN 5 Sungai danau
7
Nur Rohmad, A.Ma.Pd
19680222 199103 1 007
PBS
IPA
SDN 5 Sungai danau
8
Sumiati ,S.Pd
19720724 199403 2 009
PBS
IPS
SDN 5 Sungai danau
9
Erlina mei W.A.Ma.
540 033 386
Anggota
SDN 5 Sungai danau
10
Siti Asiah,A.Ma
19760615 200604 2 030
Anggota
SDN 5 Sungai danau
11
Suhrah ,A.Ma.Pd
19670214 198508 2 004
Anggota
SDN 5 Sungai danau
12
Arbayah
19670403 199310 2 002
Anggota
SDN 5 Sungai danau
13
Feny martria H

Anggota
SDN 5 Sungai danau
14
Norhalimah

Anggota
SDN 5 Sungai danau
15
Sari asih,S.sos

Anggota
SDN 5 Sungai danau
16
Astute sutiyanti,S.Pd
19680626 199903 2 021
Anggota
SDN 5 Sungai danau
17
Mia Rahmini,A.Ma
19830211 200604 2 021
Anggota
SDN 5 Sungai danau
18
Siti Raudah,A.Ma.Pd
19760420 200604 2 034
Anggota
SDN 5 Sungai danau
19
Yanti Diana sari

Anggota
SDN 5 Sungai danau
20
Sri yuliana,A.Ma.Pd

Anggota
SDN 5 Sungai danau
21
Marhaini,A.Ma

Anggota
SDN 5 Sungai danau
22
Murdiyana eka puspita d

Anggota
SDN 5 Sungai danau
23
Siti Daminah,A.Ma
19671104 198703 2 008
Anggota
SDN 2 Sungai danau
24
Nurmilawati, A.Ma.Pd
19660208 198804 2 022
Anggota
SDN 2 Sungai danau
25
Barahim, A.Ma.Pd
19630323 198804 1 002
Anggota
SDN 2 Sungai danau
26
Jamilah, A.Ma.Pd
19660603 199111 2 002
Anggota
SDN 2 Sungai danau
27
Umi Normiati, S.Pd
19680404 200701 2 040
Anggota
SDN 2 Sungai danau
28
Sarifah
19711101 200103 2 002
Anggota
SDN 2 Sungai danau
29
Masrukiyah,S.Pd
19680614 199903 2 008
Anggota
SDN 2 Sungai danau
30
Sri katon
19710517 200604 2 028
Anggota
SDN 2 Sungai danau
31
Sri Handayani, A.Ma

Anggota
SDN 2 Sungai danau
32
Meri Agustina

Anggota
SDN 2 Sungai danau
33
Heni Susilawati

Anggota
SDN 2 Sungai danau
34
Marpi’ah, A.Ma.Pd

Anggota
SDN 2 Sungai danau
35
Sunarti

Anggota
SDN Jombang
36
Mahdan imberan

Anggota
SDN Jombang
37
Wahyu eko susilo

Anggota
SDN Jombang
38
Sumiyati.N

Anggota
SDN Jombang
39
Sri yanti

Anggota
SDN Jombang
40
Medi Juli
Anggota
SDN Jombang
41
Sri Sugiarti.A.Ma.Pd

Anggota
SDS 4 Sekapuk
42
Yulianah,A.Ma.Pd

Anggota
SDS 4 Sekapuk
43
Aulia fitria,S.I

Anggota
SDS 4 Sekapuk
44
Nurliana.A.Ma.Pd

Anggota
SDS 4 Sekapuk
45
Arkini,A.Ma.Pd

Anggota
SDS 4 Sekapuk
46
Laili Handayani,A.Ma.Pd

Anggota
SDS 4 Sekapuk
47
Totok Sugiharto

Anggota
SD Muhamadyah
48
Rubiati nor

Anggota
SD Muhamadyah
49
Elok Sayekti.T

Anggota
SD Muhamadyah
50
Waijenah

Anggota
MIS At-taqwa
51
Nor Hidayah
Anggota
MIS At-taqwa

52
Lia .H

Anggota
MIS At-taqwa
53
Nor Ainah

Anggota
MIS Miftahussalam
54
Erma Ervina

Anggota
MIS Miftahussalam
55
Megawati

Anggota
MIS Miftahussalam
56
Siti Maisyarah

Anggota
MIS Miftahussalam
57
Mahmudah

Anggota
MIS Miftahussalam






E.     Waktu dan Jadwal  Pelaksanaan  Kegiatan Program       
Jadwal  Kegiatan
Pertmuan         : 1
Tanggal           : 11 Juni  2011.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1

2
3

4
5
08.00 - 09.00


09.00  - 09.15
09.15 – 12.15
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Sosialisasi Program  Pemberdayaan KKG 
Pembuatan  Draf  Program Kerja  Istirahat
Pembuatan KKM TP.2011/2012
Istirahat
s.d.a

Ketua KKG


 Suwarno,S.Pd


Pertmuan         : 2
Tanggal           : 23 Juli   2011.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1

2
3
08.00 - 09.15

12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan Silabus TP. 2011/2012.
Istirahat
s.d.a

  Suwarno,S.Pd


Pertmuan         : 3
Tanggal           : 24 September  2011.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1
2
3
08.00 - 12.15
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan RPP TP.2011/2012.
Istirahat
s.d.a.
Suwarno,S.Pd


Pertmuan         : 4
Tanggal           :  22 Oktober  2011.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1


2
3
08.00 - 12.15


12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan  Kisi-kisi Soal dan Soal UTS semester ganjil  TP.2011/2012.
Istirahat
s.d.a.
Suwarno,S.Pd



Pertmuan         : 5
Tanggal           :  19 Nopember  2011.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1

2
3
08.00 - 12.15

12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan  Kisi-kisi Soal dan Soal UAS semester ganjil  TP.2011/2012.
Istirahat
s.d.a.

Suwarno,S.Pd



Pertmuan         : 6
Tanggal           :  21 Januari 2012..
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1
2
3
08.00 - 12.15
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Kajian Akademik.
Istirahat
s.d.a.
kepala UPTD Satui.
M.Jupri,S.Pd,MM


Pertmuan         : 7
Tanggal           :  18 Pebruari  2012.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1
2
3
08.00 - 12.15
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pemahaman Wawasan
   Istirahat
s.d.a.
kepala UPTD Satui.
M.Jupri,S.Pd,MM
Pengawas TK/SD
Suwarno,S.Pd



Pertmuan         : 8
Tanggal           :  17  Maret  2012..
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1


2
3
08.00 - 12.15


12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ( UTS ) semester genap  TP. 2011/2012.
Istirahat
s.d.a.
Suwarno,S.Pd


Pertmuan         : 9
Tanggal           :  21 April  2012..
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1
2
3
08.00 - 12.15
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Kajian Materi Matematika
Istirahat
s.d.a.
PBS Matematika
M.Amin,S.Pd
Pengawas TK/SD
Suwarno,S.Pd

Pertmuan         : 10
Tanggal           :  19  Mei  2012..
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1


2
3
08.00 - 12.15


12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Pembuatan kisi-kisi soal dan soal ( UAS ) Ujian Akhir Sekolah SD  TP. 2011/2012.
Istirahat
s.d.a.
Suwarno,S.Pd


Pertmuan         : 11
Tanggal           :  27 Maret  2010.
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILATOR
1

2
3
08.00 - 12.15

12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
Desiminasi hasil kegiatan KKG Tahun 2011 / 2012
 Istirahat
Persiapan penyusunan laporan
(LPJ) KKG .
Kepala UPTD Pengawas SD kec.Satui
Ketua KKG


F.     Tempat Pelaksanaan.
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap bulan sekali (pada hari Sabtu) dimulai dari pukul .0800 Witeng sampai dengan jam 14.30 Wib, di pusatkan pada SD Negeri 5 Sungai Danau kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.
Sekretariat KKG Gugus III Manggis.
Alamat : SDN 5 Sungai Danau ,Jl. Propinsi km 166 Sungai Danau 
Kecamatan Satui 72175,Tanah Bumbu .Kalimantan Selatan
HP : 081 349 431532 (a.n. Mardiani, S.Pd)

G.    Rencana Monitoring dan Evaluasi.
Rencana monitoring dan evaluasi dilaksanakan sejak persiapan, saat pelaksanaan kegiatan dan pada akhir program.

H.    Rencana Pelaporan.
Rencana pelaporan dilaksanakan pada saat awal kegiatan, dilanjutkan pada laporan bulanan dan dirangkum dalam laporan tengah tahun serta pelaporan keseluruhan kegiatan pada akhir tahun.
I.        Rencana  Anggaran Belanja.
KEGIATAN KKG GUGUS III MANGGIS TAHUN 2011/2012
 Rencana Penggunaan Biaya Kegiatan KKG.

ALOKASI DANA KEGIATAN KKG GUGUS III MANGGIS
TAHUN 2011/2012
salah satu penerima Block Grant pemberdayaan KKG/ MGMP  Tahun Anggaran 2011.

NO

      KEGIATAN  

DANA

1
Sosialisai persiapan :
  1. Rapat pembahasan  / Sosialisai pembuatan proposal
-Konsumsi
-Transpot
-ATK
  1. Pembuatan / mengetik proposal
-Biaya pengetikan
-Penggandaan
-Pembuatan lagi/ revisi
  1. Mengantar proposal



Rp     250.000,-
Rp     100.000,-
Rp       50.000,-

Rp     400.000,-
Rp     100.000,-
Rp     200.000,-
Rp     400.000,-

2
Pelaksanaan Program dan kegiatan
11 x Pertemuan kegiatan KKG Gugus III Manggis  kecamatan Satui.

Rp  11.250.000,-


3
Laporan dan Pemantauan Internal
-          Dari UPTK Kec Satui
-          Dari Pengawas TK / SD
-          Pembuatan Laporan

Rp     250.000,-
Rp     250.000,-
Rp     250.000,-

4
Diseminasi Hasil Kegiatan kepada semua Sekolah anggota KKG Gugus III Manggis
-          Honor Nara Sumber
-          Transport Nara Sumber
-          Konsumsi
-          ATK
-          Sertifikat

.

Rp      100.000,-
Rp        30.000,-
Rp      680.000,-
Rp      565.000,-
Rp      125.000,-


Jumlah

Rp 15.000.000,-


BAB IV
PENUTUP
Dengan memperhatikan berbagai macam usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD , maka peran KKG Gugus III Manggis Kecamatan Satui dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan wawasan guru sangat penting untuk menghindari kesenjangan kemampuan yang terjadi karena adanya perbedaan antar kemampuan yang diharapkan (optimal) sebagai tuntutan pelaksanaan tugas dan kemampuan yang ada (aktual). Dapat mengatasi (mengisi) kekurangan / kebutuhan atau kelemahan sehingga perbuatan atau prestasi kerja meningkat.
Kesimpulan.
Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah komponen guru dengan segala kinerjanya, khususnya yang berkaitan dengan proses dan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui peningkatan mutu guru.    Perilaku guru yang diharapkan adalah guru proactive dalam implementasi perkembangan teknologi dalam tataran teknik, metodologi, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya revitalisasi kelompok kerja guru ( KKG) agar aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kerja tersebut dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kompetensi guru.

Saran.
Pada kenyataannya KKG yang sudah ada pada wilayah kabupaten Tanah Bumbu sebagian besar belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru karena pengelolaan dan pandanaanya yang belum memadai. Oleh karena itu     kami berharap kelompok  kerja guru (KKG) gugus III Manggis kecamatan Satui terpilih sebagai salah satu penerima Block Grant pemberdayaan KKG/ MGMP  Tahun Anggaran 2011.

    No                               N a m a            J a b a t a n
    1 Mardiani,S.Pd Ketua
    2 Dody Wahyudi,S.Pd Sekretaris
    3 Hasmah,A.Ma. Bendahara
    4 Seksi Akademik M.Amin,S.Pd



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar