Laman

Rabu, 21 Oktober 2009

PELATIHAN CALON PMP TAHAP 2

PELATIHAN CALON PMP TAHAP 2

Tujuan umum

Peserta pelatihan dapat:

1.      Mengkonsolidasi dan meningkatkan keterampilan lebih lanjut tentang sikap, metode, pengetahuan, penggunaan alat peraga matematika, proses berpikir matematik, keterampilan mengajar, struktur pembelajaran, yang diperoleh pada pelatihan calon PMP tahap 1.
2.      Memiliki pengalaman dan mau menerima bahwa pembelajaran efektif harus dipersiapkan dengan baik menyangkut penggunaan alat, klarifikasi masalah, komunikasi, teknik papan tulis, dan teknik ilustrasi.
3.      Memiliki keterampilan yang memadai untuk pelatihan dan komunikasi dengan orang dewasa yang dilatih serta rekan kerja.


Tujuan khusus

Peserta pelatihan dapat:

1.            Mengidentifikasi dan mendiskusikan kekurangan, masalah, kesulitan yang dihadapi oleh para calon PMP di sekolah dan dalam pembelajaran setelah pelatihan calon PMP tahap 1.
2.            Terampil mempraktekkan lebih banyak alat peraga yang disarankan oleh MEQIP dan mendiskusikan materi matematika.
3.            Memiliki pengetahuan yang lebih luas dan dalam tentang materi matematika SD/MI yang relevan dengan pembelajaran menggunakan alat peraga atau contoh kongkrit.
4.            Terampil mempersiapkan pembelajaran matematika SD/MI, menggunakan peralatan MEQIP dan/atau materi lainnya yang disediakan oleh MEQIP.
5.            Dapat menerapkan semua keterampilan mengajar di kelas yang dipraktekkan dalam pelatihan
6.            Terampil membuat soal matematika yang berkualitas.
7.            Dapat mengevaluasi dan mendiskusikan pembelajaran yang dilakukan oleh para peserta di dalam kelas dengan menggunakan Format Pengamatan Pembelajaran Matematika.
8.            Memiliki metode, sikap, dan cara berkomunikasi yang memadai untuk situasi pelatihan pembelajaran  di antara orang dewasa.
9.            Terampil mensimulasikan contoh “pembelajaran matematika” sebagai model untuk Pelatihan Guru Matematika Tahap 1 dan kegiatan belajar mengajar di kelas.
10.       Dapat melakukan evaluasi program pelatihan dan pencapaian setiap peserta.


Foto Kegiatan Peserta Pelatihan PMP Matematika Tahap 2



Peserta PMP ( bpk.Hilman,S.Pd giri dari SDN Batulicin Irigasi kec.Karang Bintang) sedang demo alat peraga Meqip di depan para peserta.

Peserta PMP ( Bpk. Welman.S.Pd . Guru dari SDN Segumbang kec.Batu licin ) membuat alat peraga alternatif


Peserta PMP (Ibu Ngatirah,S.Pd dari SDN 1 Sepunggur kec.Kusan Hilir ) sedang Demo alat peraga dalam pembelajaran

Peserta PMP ( Ibu Nyati,S.Pd dari SDN Sidomulyo kec.Mantewe) sedang Demo alat peraga Meqip

Peserta PMP ( Ibu Norlatifah,A.Ma . dari SDN 2 Pasar baru kec.Pagatan ) sedang membuat alat peraga
alternatif


Peserta PMP (Bpk. Mahjuniadi dari SDN 1 Tungkaran Pangeran Batulicin ) sedang demo alat peraga dalam pembelajaran MEQIP


Peserta PMP ( Bpk. I Ketut Balik,S.Pd. dari SDN Kerta Buwana kec.Sei Loban) sedang membuat alat peraga alternatif



Peserta PMP ( Bpk.Heri Sulistiyo,S.Pd. dari SDN 9 Kampung Baru kec.Simpang empat) sedang demo alat peraga alternati dalam pembelajarn Meqip


Peserta PMP ( Bpk . Purwadi,S.Pd dari SDN Pandan Sari kec.Karang Bintang ) sedang membuat alat peraga alterantif


Peserta PMP ( Bpk. Muhamad Amin,A.Ma.Pd dari SDN 2 Sungai Danau kec.Satui ) sedang demo pembelajaram MEQIP Model 2.

Pelatihan PMP tahap 2 di ikuti oleh 10 peserta se-Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanak di Banjar Baru oleh Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan pada tgl 3 - 12 Oktober 2009 .


2 komentar:

  1. Baru ditahun 2013 ini saya bisa Membuka Blogger ini. Teman di SDN 2 Sungai Danau Sdh Lebih Maju dua Langkah dari Kami. Terima Kasih Atas Artikelnya, Sampai Jumpa

    ( I Ketut Balik, S.Pd )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimaksih sdr ku I Ketut Balik ,S.Pd. atas kunjungannya pada blog kami. silahkan sdr mengirimkan artikel atau apa saja kepada kami, nanti akan kami tayangkan

      Hapus